Sabtu, 02 Oktober 2010

Cara Memajukan Ekonomi Koperasi di Indonesia

Diah Anggraeni / 28210017

Cara Memajukan Koperasi di Indonesia

Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
Koperasi sebagai solusi untuk mewujudkan ekonomi rakyat yang adil tanpa menempatkan rakyat sebagai korban eksploitasi pasar bebas. Untuk itu, diperlukan daya pendukung internal yang kuat dan sanggup bersaing yang dapat diperoleh melalui partisipasi ekonomi aktif anggota dan kreatifitas manajemen koperasi dalam memanfaatkan setiap peluang usaha. Karena gerakan koperasi masih tegak berdiri di situasi krisis ekonomi yang berkepanjangan, maka diharapkan kedepan koperasi dapat benar-benar menjadi soko guru perekonomian Indonesia.
Maka menurut saya peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia sangatlah penting. Dan jika saya menjadi pemimpin upaya yang saya lakukan dalam memajukan koperasi di Indonesia antara lain:

1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) saya akan menyeleksi keanggotaan koperasi termasuk pengurus koperasi. Kepengurusan koperasi harus dipegang oleh orang-orang yang berkompeten serta berpendidikan. Selain itu para pengurus koperasi akan diberikan pelatihan-pelatihan setiap bulannya tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka khususnya dibidang teknologi dan informasi. Selain itu Modal utama yang harus dilestarikan pengurus serta anggota koperasi adalah komitmen, kejujuran serta amanah dalam arti bertanggungjawab dengan apa yang dititipkan kepadanya. Semua itu harus dipegang teguh oleh sebuah kepengurusan. Selain itu Konsep kebersamaan dalam bersaing sangat perlu untuk membangun mental para pengurus maupun anggota. Selain itu dalam hal meningkatkan kinerja anggota dan pengurus koperasi, para anggota sebaiknya saling membantu dalam bekerja dan selalu bekerja sama dalam menjalankan tugas dalam rangka meningkatkan pendapatan koperasi.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya
Koperasi juga tetap harus berjalan sesuai dengan tujuan utamanya yaitu menyejahterakan anggotanya dan bukan mencari keuntungan semata. Itulah yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya. Hal yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggotanya, misalnya memberikan pinjaman dengan bunga yang relatif rendah. Semakin besar peran koperasi memperbaiki kesejahteraan anggotanya, maka semakin tinggi partisipasi mereka dalam kegiatan koperasi.

3. Meningkatkan Daya Jual Koperasi
Dalam rangka meningkatkan daya jual koperasi yaitu dengan cara menjual produk/barang yang memiliki kualitas baik, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan harganya sangat terjangkau, tujuannya adalah untuk menarik minat masyarakat agar membelinya selain itu juga untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Karena walaupun sebagian besar pembeli di koperasi adalah masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah namun mereka juga ingin mendapatkan kesejahteraan. Selain itu bisa dengan membuat ruangan koperasi terlihat menarik misalnya dengan mendekorasi ruangan agar terlihat indah dan rapi, mencat ruangan dengan warna-warna yang menarik, menyediakan AC di dalam ruangan serta memberikan pelayanan yang baik dan sopan kepada pembeli. Agar daya jual koperasi semakin meningkat, kita bisa mempromosikan koperasi dengan menyebarkan brosur/famplet dan memasang spanduk sehingga dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di koperasi.

4. Membuat Perencanaan Program Kerja Koperasi
Program Kerja Koperasi dibuat agar setiap kegiatan dapat terprogram dengan baik. Sehingga memudahkan para pengurus dalam melaksanakan pekerjaannya.
Dan yang paling penting juga adalah memberikan kebebasan kepada koperasi untuk menjalankan kegiatannya dengan cara mengurangi campur tangan pemerintah. Sehingga koperasi dapat lebih mandiri dalam menghadapi persoalan-persoalan yang ada. Dan dapat tetap bertahan dalam persaingan ekonomi yang semakin ketat. Dengan beberapa usaha-usaha diatas diharapkan dapat memajukan koperasi sebagai salah satu sektor perekonomian di Indonesia. Selain itu juga diharapkan koperasi dapat bersaing di perekonomian dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar